SPESIFIKASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN S-1 DAN KURIKULUM

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )

”YASA ANGGANA” GARUT

 

  1. Perguruaan Tinggi :           Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) ”Yasa Anggana” Garut
  1. Ijin Operasional :           2804/D/T/K-IV/210 Tanggal 2 Juli 2010
  1. Pelaksana Proses Pembelajaran             :           Program Studi Manajemen
  2. Program Diakreditasi Oleh :           Badan Akreditasi Nasional Perguruaan Tinggi
  3. Gelar Lulusan :           Sarjana Manajemen ( S.M. )
  4. Nama Program Studi :           Manajemen
  5. Jenjang :           Strata Satu ( S-1 )
  6. Tanggal Penyusunan / Perbaikan :           10  Agustus 2010
  7. Akreditasi :           Peringkat B      

 

  1. Visi :          

“ Terciptanya   Lulusan   yang   berprestasi secara Akademis  dengan  dilandasi Motivasi, Kemampuan, Keterampilan, Perilaku serta  Pengetahuan   Terbaik  di bidang Manajemen Pada Tahun 2014”

 

  1. Misi :          
  • Menyelenggarakan dan meningkatkan proses pendidikan, pengajaran di Bidang Manajemen baik dari aspek masukan maupun proses.
  • Menghasilkan penelitian yang ditujukan untuk mengembangkan teori serta konsep di Bidang Manajemen dan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.
  • Meningkatkan kerjasama dengan institusi yang relevan, guna mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang menguasai Manajemen dan Entrepreneurship maupun untuk memasuki pasar kerja.

 

  1. Sasaran :          

Menghasilkan lulusan yang berprestasi secara akademik, yang dilandasai Motivasi, Kemampuan, Keterampilan, Perilaku serta Pengetahuan Terbaik  di Bidang Manajemen  sesuai Permintaan Pasar.

 

  1. Tujuan              :         
  • Mampu mengikuti dan menerapkan ilmu pengetahuan maupun keterampilan teknologi di bidang manajemen dan entrepreneurship dalam berbagai kegiatan yang dilandasi oleh kemampuan berpikir, bersikap serta bertindak secara ilmiah;
  • Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khusus yang berkaitan dengan bidang manajemen dan entrepreneurship;
  • Mampu menghasilkan dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi yang relevan guna menunjang keterampilan lulusan yang siap kerja serta memiliki jiwa entrepreneurship.

 

  1. Kriteria Keberhasilan Kurikulum

Kurikulum STIE "Yasa Anggana" Garut memiliki kriteria keberhasilan yang akan tergambarkan oleh iklim akademik yang di warnai ciri-ciri :

  • Tingginya tingkat kemandirian dan kedisiplinan seluruh sivitas akademika dalam menjalankan tugas dan kewajibannya,
  • Tingginya tingkat motivasi dan produktivitas kerja pimpinan, dosen dan staf administrasi,
  • Tingginya kreativitas dan motivasi berprestasi seluruh sivitas akademika,
  • Adanya dukungan kelembagaan untuk pencapaian hasil karya terbaik,
  • Tingginya daya serap rata-rata mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang telah diberikan dosen,
  • Ketepatan waktu dan kemampuan mahasiswa dalam penyelesaian program studi.

 

  1. Karakteristik Kurikulum

Kurikulum STIE "Yasa Anggana" Garut yang diberlakukan mulai tahun akademik 2009/2010 memiliki karakteristik pokok, yaitu :

  1. Bersifat Nasional ; artinya, kurikulum yang dikembangkan mengacu kepada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000, tanggal 20 Desember 2000 tentang tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dam Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  2. Bersifat Fleksibel ; artinya, kurikulum setiap program pendidikan dikembangkan dengan mengacu pada kondisi perkembangan ilmu, teknologi dan kebutuhan masyarakat (link and match). Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kurikulum STIE "Yasa Anggana" Garut di masa yang akan datang ditinjau kembali, baik dalam jenis mata kuliah maupun jumlah SKS yang harus ditempuh. Sifat fleksibel kurikulum STIE "Yasa Anggana" Garut diimplementasikan dalam bentuk pengembangan kurikulum inti sebanyak 40-80 % dan kurikulum institusional adalah 20-40 %.

 

  1. Kompetensi Lulusan dan Strategi Pembelajaran :          

Program  Studi    Manajemen    S - 1  merumuskan  standar   kompetensi  lulusan  Manajemen  dengan indikator       (  Motivation, Ability , Skill, Attitude,  Knowledge) atau yang terdiri  dari  elemen Motivasi,  Kemampuan, Keterampilan, Perilaku dan Pengetahuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kompetensi Utama

SKILL

Lulusan Manajemen  diharapkan memiliki keterampilan dalam:

1.    Mengelola, mengembangkan dan menerapkan ilmu Manajemen dengan memanfatkan Information Technology (IT) dalam organisasi dan lingkungan 

2.    Mengidentifikasi, menganalisis masalah dan merumuskan alternatif pemecahannya

3.    Berkomunikasi, melakukan presentasi dan  negosiasi secara efektif. 

4.    Membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain (networking).

 

ABILITY

Lulusan Manajemen diharapkan memiliki kemampuan :

1.    Menerapkan konsep dan teori manajemen dan entrepreneurship untuk meningkatkan kinerja organisasi dan lingkungannya.

2.    Merancang dan melakukan simulasi, menganalisis serta menginterprestasikan dalam kegiatan manajemen dan entrepreneurship

3.    Memecahkan masalah manajemen dan entrepreneurship melalui cara berpikir  kritis dan analitis

4.    Menciptakan kerjasama tim untuk meningkatkan kinerja organisasi

 

  1. Kompetensi Pendukung

MOTIVATION

Lulusan Manajemen  diharapkan memiliki motivasi untuk :

1.      Menggali  perkembangan ilmu Manajemen untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, kemampuan dan keterampilan

2.      Menerapkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat  di bidang manajemen dan entrepreneurship

 

ATTITUDE

Lulusan Manajemen  diharapkan memiliki sikap :

1.    Positif dan terbuka terhadap perkembangan ilmu manajemen dan entrepreneurship.

2.    Menghargai etika, kejujuran,  rasa tanggung jawab dan komitmen dalam bertingkah laku untuk menjalankan prinsip-prinsip manajemen dan entrepreneurship.

3.    Percaya diri dan dengan cepat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang baru.

 

KNOWLEDGE

Lulusan Manajemen diharapkan memiliki Pengetahuan mengenai :

1.   Norma,  teori manajemen dan entrepreneurship, penerapan serta pengembangannya dengan memanfaatkan  teknologi informasi

2.   Situasi lingkungan yang berkaitan  dengan pengelolaan suatu organisasi

3.   Kaidah penelitian dalam pengembangan dan penerapan ilmu manajemen dan entrepreneurship

 

 

  1.  Strategi Pembelajaran

Dengan karakteristik kurikulum yang dimiliki, strategi perkuliahan perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran mahasiswa dan pengembangan topik inti.

Pendekatan pembelajaran mahasiswa mengandung arti bahwa dosen mengembangkan proses belajar yang lebih memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk aktif mencari, mengolah dan memanfaatkan informasi dalam upaya mengembangkan diri sebagai manusia terdidik, baik akademik maupun profesional. Dalam model pendekatan ini, sistem penyampaian yang dilakukan dalam perkuliahan didasarkan pada pandangan bahwa metode mengajar digunakan dosen untuk mengajak dan membantu mahasiswa belajar mengembangkan apa yang dibahas di kelas.

Pengembangan topik inti mengisyaratkan bahwa proses belajar mahasiswa diarahkan tidak saja untuk menguasai konsep-konsep dasar yang esensial dari disiplin ilmu,tetapi juga mencakup aspek kompetensi (kemampuan) profesional. Dengan demikian, pengembangan topik inti menuntut  setiap mata kuliah untuk perlu adanya deskripsi, silabus maupun satuan acara perkuliahan.

 

  1. Dukungan untuk Mahasiswa dan Proses Pembelajaran :
    • Sarana dan Prasarana
      1. Peningkatan kualitas dan kuantitas media pembelajaran berbasis IT ( In Focus, Laptop ).
      2. Ruang Multimedia yang permanen.
      3. Ruang praktikum dan Lab. Bahasa beserta perlengkapannya.
      4. SAP, Silabus dan Materi Perkuliahan dapat ditampilkan di website sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengaksesnya.

 

  • Tenaga Dosen

Tenaga dosen yang mengajar mata kuliah sesuai dengan konsentrasi keilmuannya.

 

  1. Kreiteria Pendaftaran Mahasiswa Baru             :
    • Lulusan SMA/Sederajat.
    • Pindahan dari Program Studi sejenis dengan mekanisme konversi.
    • Pindahan dari Lintas Program Studi dengan mekanisme konversi.