Spesifikasi

PROGRAM STUDI KEUANGAN DAN PERBANKAN D-3

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ( STIE )

”YASA ANGGANA” GARUT

 

1.                

Nama Perguruaan Tinggi

 

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) ”Yasa Anggana” Garut

2.                

Nama Program Studi

 

Keuangan dan Perbankan

3.                

Jenjang

 

Diploma III ( D.III )

4.                

Gelar / Sebutan Lulusan

 

Ahli Madya ( A.Md )

5.                

Ijin Operasional

 

Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi  

 

 

 

Nomor : 012/D/O/1995 Tanggal 23 Februari 1995

6.                

Unit Pengelola Prodi

 

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE )  ”Yasa Anggana” Garut

7.                

Pelaksana Proses Pembelajaran

 

Program Studi Keuangan dan Perbankan Diploma III

8.                

Program Studi Diakreditasi Oleh

 

Badan Akreditasi Nasional Perguruaan Tinggi

9.                

Peringkat Akreditasi

 

Peringkat “B”

10.             

Nomor SK Akreditasi

 

NOMOR : 1812/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VII/2018

11.             

Visi

 

Menjadi Program Diploma Unggulan 3 Besar  di Jawa Barat pada Bidang Keuangan dan Perbankan Tahun 2025

12.             

Misi

 

Menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi  bidang Keuangan dan Perbankan untuk menghasilkan lulusan ahli madya yang unggul dan professional, melaksanakan penelitian terapan bidang Keuangan dan Perbakan serta menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan, dan melaksanakan kegiatan pengabdian  pada masyarakat di bidang keuangan dan perbankan melalui pemanfaatan hasil penelitian untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan ekonomi masyarakat

13.             

Tujuan

 

1)      Menghasilkan sumber daya manusia/lulusan ahli madya keuangan dan perbankan yang kompeten dan berdaya saing

2)      Menghasilkan Penelitian Terapan bidang Keuangan dan Perbankan untuk pengembangan Ilmu dan pengetahuan.

3)      Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang Keuangan dan Perbankan yang bermanfaat  bagi peningkatan mutu kehidupan ekonomi masyarakat.

14.             

Sasaran

 

1)    Terciptanya Lulusan Ahli Madya Keuangan dan Perbankan yang mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan dan perbankan dalam sektor jasa keuangan, perbankan, perdagangan dan industri sebagai teller, coustumer service, dan analis Keuangan

2)    Tercapainya hasil penelitian terapan bidang keuangan dan perbankan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam sektor jasa keuangan, perbankan, perdagangan dan industri.

3)    Tercapainya hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang keuangan dan perbankan yang mendukung peningkatan mutu kehidupan ekonomi masyarakat

15.             

Kebijakan Penentuan Prioritas Program Studi

 

 

Prioritas pengembangan ditujukan pada proses sistem layanan yang dirasakan langsung oleh mahasiswa seperti :

1)    Instrumental input :

a. Rancangan kurikulum

b. Layanan akademik

2)    Raw Input

a. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru

3)    Proses pembelajaran :

a. Proses perkuliahan

b. Proses praktikum

c. Proses Ujian

4)    Evaluasi:

a. Evaluasi kinerja dosen

b. Evaluasi hasil studi

c. Jadwal dosen

16.             

Kriteria Keberhasilan Kurikulum

 

1)    Kelengkapan unsur deskripsi.

2)    Kesesuaian dengan jenjang kualifikasi:

a.       gradasi keterampilan khusus

b.       gradasi penguasaan pengetahuan;

3)    Kejelasan batas bidang keilmuan/keahlian program studi;

4)    Tingkat penguasaan, kedalaman, dan keluasan bahan kajian yang harus dikuasai

5)    Referensi program studi sejenis sebagai pembanding;

6)    Kejelasan rumusan, adanya kesamaan arti bila dibaca awam/pemangku kepentingan

17.             

Karakteristik Kurikulum

 

1)    Bersifat Nasional ; artinya, kurikulum yang dikembangkan mengacu kepada  Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi.

2)    Bersifat Fleksibel ; artinya, kurikulum setiap program pendidikan dikembangkan dengan mengacu pada kondisi perkembangan ilmu, teknologi dan kebutuhan masyarakat (link and match). Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kurikulum Program Studi Keuangan dan Perbankan Diploma Tiga di masa yang akan datang ditinjau kembali, baik dalam jenis mata kuliah maupun jumlah SKS yang harus ditempuh.  Sifat fleksibel kurikulum Program Studi Keuangan dan Perbankan Diploma Tiga diimplementasikan dalam bentuk pengembangan kurikulum inti sebanyak 40-80 % dan kurikulum institusional adalah 20-40 %.

18.             

Kompetensi Lulusan Umum

 

 

 

Pengetahuan

 

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan keuangan dan perbankan

 

Keterampilan

 

 

1)    Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang Belum maupun yang sudah baku ;

2)    Mampu menunjukkan kinerja ber-mutu dan terukur;

3)    Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks ang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;

4)    Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan

5)    Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya

6)    Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

7)    Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;

8)    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiat

 

Sikap

 

1)    bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2)    menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

3)    berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4)    berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5)    menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6)    bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)    taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8)    menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)    menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10)  menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

19.             

Kompetensi Lulusan Utama

 

 

 

Pengetahuan

 

1)    Etika, Norma,  teori manajemen khsusunya di Bidang Keuangan dan Perbankan, penerapan serta pengembangannya dengan memanfaatkan  teknologi informasi

2)    Situasi lingkungan yang berkaitan  dengan pengelolaan suatu organisasi

3)    Kaidah penelitian dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan di Bidang Keuangan dan Perbankan.

 

Keterampilan

 

1)    Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan di bidang keuangan dan perbankan dalam sektor jasa keuangan, perbankan, perdagangan dan industri sebagai administrasi keuangan, teller, coustumer service, dan analisa Keuangan, analisi kredit

2)    Mengelola, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dengan memanfatkan Information Technology (IT) dalam organisasi dan lingkungan 

3)    Membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain (networking).

 

Sikap

 

1)    Menerapkan konsep dan teori Bidang Keuangan dan Perbankan untuk meningkatkan kinerja organisasi dan lingkungannya.

2)    Memecahkan masalah manajemen di Bidang Keuangan dan Perbankan melalui cara berpikir  kritis dan analitis

3)    Mampu mengaplikasikan konsep wirausaha dalam ruang lingkup bidang Keuangan dan Perbankan

4)    Menciptakan kerjasama tim untuk meningkatkan kinerja organisasi

20.             

Strategi Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Dengan karakteristik kurikulum yang dimiliki, strategi perkuliahan perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran mahasiswa dan pengembangan praktek dari topik inti.

Pendekatan pembelajaran mahasiswa mengandung arti bahwa dosen mengembangkan proses belajar yang lebih memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk aktif mencari, mengolah dan memanfaatkan informasi dalam upaya mengembangkan diri sebagai manusia terdidik, baik akademik maupun profesional. Dalam model pendekatan ini, sistem penyampaian yang dilakukan dalam perkuliahan didasarkan pada pandangan bahwa metode mengajar digunakan dosen untuk mengajak dan membantu mahasiswa belajar mengembangkan apa yang dibahas di kelas.

Pengembangan praktek dari topik inti mengisyaratkan bahwa proses belajar mahasiswa diarahkan tidak saja untuk menguasai konsep-konsep dasar yang esensial dari disiplin ilmu,tetapi juga mencakup aspek kompetensi (kemampuan) profesional. Dengan demikian, pengembangan topik inti menuntut  setiap mata kuliah untuk perlu adanya deskripsi, silabus maupun satuan acara perkuliahan.

 

  1. Dukungan untuk Mahasiswa dan Proses Pembelajaran :
    • Sarana dan Prasarana
      1. Peningkatan kualitas dan kuantitas media pembelajaran berbasis IT ( In Focus, Laptop ).
      2. Ruang Multimedia yang permanen.
      3. Ruang praktikum dan laboratorium beserta perlengkapannya.
      4. SAP, Silabus, Modul Praktikum dan Materi Perkuliahan dapat ditampilkan di website sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengaksesnya.

 

  • Tenaga Dosen

Tenaga dosen yang mengajar mata kuliah sesuai dengan kompetensi dan konsentrasi bidang keilmuannya.

 

  1. Kreteria Pendaftaran Mahasiswa Baru               :
    • Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat.
    • Pindahan dari Program Studi sejenis dengan mekanisme konversi.
    • Pindahan dari Lintas Program Studi dengan mekanisme konversi.

 

  1. Metode Evaluasi Penyelenggaraan Akademik :
    • Pemantauan dan evaluasi rutin bersama-sama dengan Badan Jaminan Mutu.
    • Open talk secara berkala
    • Umpan balik dari stakeholder baik dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikkan.
    • Studi pelacakan yang melibatkan pengguna & alumni itu sendiri.
    • Evaluasi diri secara berkala.
    • Audit internal mutu akademik tiap semester

 

  1. Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran :
    • Pengembangan kualifikasi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan melalui pendidikan bergelar dan tidak bergelar
    • Sertifikasi kompetensi tenaga pendidik / dosen maupun tenaga kependidikan / staf administratif, laboran dan pustakawan
    • Standarisasi orientasi pembelajaran pada mahasiswa Student Centered Learning dan Integrated English Learning
    • Pembuatan hand out dan bahan ajar yang berbasis multimedia
    • Penyediaan dan pemanfaatan ICT secara efektif dan efisien
    • Peningkatan standar mutu pendidikan berkelanjutan menuju standar BAN-PT

 

  1. Kriteria Kelulusan :
    • Menyelesaikan beban studi minimum 114 sks, sesuai kurikulum yang berlaku
    • Indeks prestasi kumulatif ≥ 2,00
    • Tidak memiliki nilai mutu E
    • Jumlah nilai D tidak lebih dari 10 % dari jumlah total sks
    • Telah menyelesaikan praktek kerja lapangan / job training
    • Telah memiliki kemampuan Berbahasa Inggris yang setara dengan skor TOEFL A 450
    • Memperoleh bebas pinjam pada semua unit pelayanan (administrasi, laboratorium, perpustakaan, dll)

 

  1. Keterangan dan Persyaratan Tambahan :
    • Definisi Lulus Mata Kuliah adalah mendapat nilai minimal D untuk mata kuliah bersangkutan.
    • Mahasiswa dapat mengambil Mata kuliah Metodologi Penelitian jika telah lulus minimal 68 SKS.
    • Mahasiswa bisa mengambil Praktik Kerja Lapangan (PKL)/Magang jika telah lulus minimal 86 SKS.
    • PKL ditempuh selama minimal 25 hari kerja efektif pada semester VI (Pebruari-Maret). Ini merupakan bagian dari desain kurikulum yang tidak terpisahkan.
    • Pelaksanaan (bukan ujian) PKL tidak boleh bersamaan dengan matakuliah lain.
    • Tugas Akhir dan Ujian Tugas Akhir dapat diambil dengan syarat;
  1. Semua mata kuliah telah selesai ditempuh dengan maksimal menyisakan Ujian Tugas Akhir.
  2. IPK minimal 2,00.
  3. Jumlah nilai D maksimal 10% dari seluruh matakuliah yang telah diambil.