Sistem SKS

SISTEM KREDIT SEMESTER

 

Tujuan umum penerapan Sistem kredit di STIE “Yasa Anggana” Garut  adalah agar dapat lebih memenuhi tuntutan pembangunan, karena di dalamnya dimungkinkan (1) menyajikan program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel, sehingga bagi mahasiswa tersedia kemungkinan lebih luas untuk memilih program ke arah jenjang akademik atau profesional tertentu, dan (2) menggunakan sarana pendidikan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, secara lebih efisien bagi berbagai macam program pendidikan.

 Sistem kredit adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraan program pendidikan dinyatakan dalam kredit.

Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya suatu program dalam suatu jenjang pendidikan.  Penyelenggaraan program pendidikan suatu jenjang lengkap dari awal sampai akhir akan dibagi kedalam kegiatan semesteran.  Artinya, dalam upaya menyelesaikan satu jenjang lengkap, kegiatan mahasiswa dibagi-bagi ke dalam kegiatan semesteran, sehingga tiap awal semester mahasiswa harus merencanakan dan memutuskan tentang kegiatan belajar apa yang akan ditempuhnya pada semester itu.

Satu semester setara dengan kegiatan belajar sekitar 16 minggu kerja termasuk ujian-ujian, dengan diikuti oleh evaluasi pada akhir semester.

Satu tahun akademik terdiri dari dua semester regular yaitu semester ganjil dan semester genap. Setelah selesai kegiatan semester genap dapat diselenggarakan kegiatan Semester Pendek.

Satuan Kredit Semester; Satuan kredit semester yang selanjutnya disebut SKS adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan :

  1. besarnya beban studi mahasiswa
  2. besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa
  3. besarnya usaha belajar yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program, baik program semesteran maupun program lengkap.
  4. besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar.

 

Beban Studi dan Waktu Studi Kumulatif; Beban studi semesteran adalah jumlah SKS yang ditempuh mahasiswa pada suatu semester tertentu. Beban studi kumulatif adalah jumlah SKS minimal yang harus ditempuh mahasiswa agar dapat dinyatakan telah menyelesaikan suatu program studi. Waktu studi kumulatif adalah batas waktu maksimal yang diperkenankan untuk menyelesaikan suatu program. Besar beban studi kumulatif dan waktu studi kumulatif maksimal bagi program studi manajemen jenjang sarjana starata (S.1) sekurang-kurangnya 144 – 160 SKS dan paling lama 14 semester sedangkan untuk Program Studi Keuangan dan Perbankan jenjang Diploma Tiga (D.3) sekurang kurangnya 110 – 120 SKS dan paling lama 10 semester.

Nilai Kredit Semester Untuk Perkuliahan ;  harga Satuan kredit semester { 1  SKS } kegiatan kuliah ditetapkan setara dengan beban studi tiap minggu selama satu semester, yang terdiri atas tiga kegiatan berikut :

 

  1. Untuk Mahasiswa
  2. 50 menit kegiatan terjadwal (termasuk 5-10 menit istirahat)
  3. 60 menit kegiatan terstruktur, yang direncanakan oleh tenaga pengajar pengasuh mata kuliah bersangkutan, misalnya meyelesaikan pekerjaan rumah, tugas pembuatan soal-soal, menerjemahkan suatu artikel dan sebagainya.
  4. 60 menit kegiatan mandiri, misalnya membaca buku rujukan, memperdalam materi, dan sebagainya.

 

 

  1. Untuk Tenaga pengajar / Dosen
    • 50 menit kegiatan terjadwal (termasuk 5-10 menit istirahat) acara tatap muka dengan mahasiswa
    • 60 menit, acara perencanaan dan evaluasi akademik yang direncanakan terstruktur
    • 60 menit kegiatan pengembangan materi perkuliah

 

Untuk penyelenggaraan seminar dan kapita selekta, dimana mahasiswa  diwajibkan memberikan penyajian pada suatu forum, pengertian 1 Kredit semester sama seperti pada penyelenggaraan kuliah yaitu mengandung 50 menit tatap muka per Minggu. Kegiatan seminar dan kapita selekta diatur seperti dibawah ini

  • Jumlah makalah yang harus ditulis dan dipresentasikan mahasiswa di depan forum untuk bobot 1 SKS adalah sekitar 1-2 makalah, tergantung bobot makalah dan jumlah mahasiswa.
  • Mahasiswa secara bergilir diberi peran sebagai penyaji makalah, pembahas atau moderator.

 

Nilai kredit semester untuk Praktikum, Penelitian, Praktek Kerja Lapangan dan atau sejenisnya ditentukan sebagai berikut :

  • 1 ( satu ) kredit semester sama dengan penyelesaian kegiatan selama 4 – 5 jam per minggu untuk satu semester atau keseluruhannya 64 sampai 85 jam per semester.
  • Nilai Kredit Semester Untuk Praktikum dan Laboratorium. Untuk praktikum di laboratorium nilai 1 kredit semester adalah beban tugas di laboratorium sebanyak 2 sampai 3 jam per minggu selama satu semester.
  • Nilai Kredit Semester Untuk Kerja lapangan dan Sejenisnya. Untuk kerja lapangan nilai 1 kredit semester adalah beban tugas di lapangan sebanyak 4 sampai 5 jam per minggu selama satu semester dimana 1 bulan sama dengan 25 hari kerja.
  • Nilai Kredit Semester Untuk Penelitian, Penyusunan Skripsi dan Tugas Akhir. Nilai kreditnya adalah beban tugas penelitian sebanyak 3 - 4 jam sehari selama satu bulan, dimana satu bulan dianggap 25 hari kerja. Waktu yang digunakan mahasiswa untuk pergi dan pulang dari tempat berlangsungnya kerja lapangan tidak diperhitungkan.

Print   Email

Related Articles

Sistem Pelaksanaan Ujian-Ujian

Sistem Semester Pendek